Pada perkembangannya, anak akan kemudian mengenyam kegiatan sekolah. Disekolah tentunya budaya membaca tentu perlu untuk digiatkan dan dibiasakan. Dengan dasar penumbuhan minat baca yang dimulai dari rumah, sekolah menjadi tempat kedua yang potensial untuk memupuk kegiatan tersebut. Di sekolah, anak akan berinteraksi dan berkegiatan dangan guru dan dosen, dengan didukung fasilitas-fasilitas baca, diantaranya perpustakaan, koran tempel, serta pojok pojok baca yang disiapkan dan dibuat sebelumnya oleh sekolah.
Dalam proses pembelajaran, guru/dosen dapat memberikan pertanyaan-pertanyaan yang menggali pemahaman siswa dari buku yang dibaca, antara lain dengan:
Apakah akhir cerita dari kisah tersebut sesuai dengan harapanmu?
Apakah kamu menikmati membaca buku tersebut?
Siapakah karakter paling penting dalam kisah tersebut?
Apakah kamu akan membaca buku itu lagi? Mengapa?
Berapa lama waktu yang kamu butuhkan untuk membaca buku tersebut?
Apakah kamu akan membaca buku-buku lain yang ditulis oleh pengarang buku tersebut?
Ceritakan kembali isi cerita yang telah kamu baca!
Adakah isi buku tersebut yang dapat kamu gunakan untuk mengembangkan materi pelajaran di sekolah?